Sabtu, Maret 22, 2014

Fenomena Instant Messagging (IM)

     Dalam beberapa tahun terakhir ini, penggunaan isntan messanger makin marak. Bisa dilihat dari maraknya iklan IM ini yang cukup ramai menghiasi televisi yang kita tonton, dari Kakao Talk, We chat, Line, maupun Chat On. Sebenarnya masih banyak juga IM yang digunakan masyarakat namun tidak terlalu ada dan muncul di TV. Seperti BBM (BlackBerry Messanger), Skype dan WhatsApp. Atau mungkin masih banyak lagi yang blum bisa disebutkan.

      Dari pengalaman teman-teman disekitarku saja sekarang mulai meninggalkan Hp biasa, dan lebih suka memakai smartphone untuk berkomunikasi.Kebanyakan dari mereka lebih suka memakai jenis IM BBM(BlackBerry Messangger). Ada yang memang dibuat bisnis, tapi kebanyakan hanya dibuat untuk have fun ataupun sekedar untuk berkomunikasi. Setiap orang memang mempunyai motif sendiri-sendiri dalam keputusan pemilihan alat atau cara mereka berkomunikasi.

      Memang pintar para pemasar IM tersebut saat membidik pasar Indonesia sebagai pasar mereka. Selain karena jumlah penduduknya yang sangat banyak, juga banyak sekali karakter orang Indonesia yang lebih suka dengan produk luar dan kelihatan lebih keren.

      Kalau menurutku IM ini memang banyak sekali manfaatnya, apalagi buat masalah bisnis,sangat memudahkan. Namun kadang maraknya IM ini membuat karakter seseorang menjadi seorang yang egois dan kadang lebih suka bersosialisasi dengan dunia maya mereka dari pada bersosialisasi dan memperhatikan lingkungan sekitar mereka. Kadang-kadang juga nyuekin temen yang duduk disamping mereka (pengalaman pribadi,hehehe....)
      
Mungkin cukup segitu ceritaku tentang Instant Messagging ini, sekedar sharing fenomena yang aku amati.Bagaimana dengan pengamatanmu? :)

0 komentar:

Posting Komentar