Selasa, Juni 17, 2014

Pembuatan Drama Video yang Melelahkan

Ini bukan hanya iseng-iseng saja membuat video. Tapi karena memang tugas akhir mata kuliah Bahasa inggris yang mengharuskan satu kelompok mahasiswa membuat drama dan dibuat video, tentunya bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris.
Aku dan sembilan orang temanku yang rata-rata adalah adik angkatanku akhirnya setuju memilih cerita "ande-ande lumut" untuk drama kami. Meski sebelumnya ada yang tidak setuju dengan pilihan cerita ini, namun karena suara mayoritas setuju dengan cerita ini, akhirnya kami semua sepakat akan membuat drama dengan cerita berjudul "ande-ande lumut.

Tepat hari minggu tanggal 8 Juni saya dan teman-teman memulai pembuatan video dengan keadaan seadanya. Skrip drama yang baru dibagikan pada hari itu membuat persiapan makin tak matang. sebenarnya banyak terjadi cek cok dan kekecewaan di hari itu, dimulai dari masalah telatnya para anggota kelompok dari waktu perjanjian awal dan tak adanya handy cam yang bisa untuk membuat video. Dan akhirnya dengan sedikit terpaksa kami sepakat menggunakan kamera video BlackBerry. Dimulai dari jam 11 siang kita mulai mengambil adegan demi adegan hingga pukul 5 sore.
Huh...very tired... Apalagi aku disitu yang sebagai pengarah cerita, jadi sedikit istirahatpun susah. Setiap adegan yang akan dibuat aku harus mengawasi dan mengarahkannya, kalau pas ada adegan kok gak ada aku, temen-temen pasti pada teriak..." mbak ain mana, mbak ain mana?". (haha...bukannya sombong sih. Tapi beneran capek banget andai kamu jadi aku :D) 

Karena di hari minggu tersebut ceritanya belum kelar, dan banyak adegan yang belum direkam Kami memutuskan untuk melanjutkan pembuatannya hari rabu. Kami sepakat memulai pembuatan pada jam 10. Bagi anggota yang ada jadwal kuliah di hari itu disuruh pada bolos, termasuk aku. Mau bagaimana lagi, kami sudah dikejar deadline.

Karena terjadi beberapa masalah dengan rekaman video lewat BB kemarin, beberapa teman menyarankan untuk menyewa video shooting. awalnya ada yang gak setuju, wajar memang kalau ada yang gak setuju, karena kelelahan hari minggu kemarin seperti sia-sia tak berguna, karena nanti kami semua harus memulai cerita dari awal. Selain alasan itu, karena harga sewa sehari yang cukup mahal, yaitu 300rb. Namun karena kami sudah berniat untuk menyelesaikan tugas ini. Akhirnya kami semua terima dan sepakat.

Jeng...Jeng... udah sampai hari rabu saja nih. Let's go...
Kami bergegas membagi tugas, ada yang menjemput orang yang akan mengambil gambar untuk video kami, ada yang beli makanan untuk konsumsi, ada juga yang langsung menuju tempat shooting. Dan aku termasuk yang langsung ke tempat shooting.

Desa Bantrung, tepatnya di rumah pakdhe nya salah satu anggota kelompok kami. Tempatnya cukup jauh dari kampus menurutku. Setelah sampai sana kami mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan agar pembuatan videonya lancar dan cepat selesai. Sebelumnya sang pengambil video nya mengarahkan kami bagaimana cara dan aturan mainnya. 
Habis dzuhur, kami langsung bergerak dan memulai pembuatan videonya. Kami bak artis film layar lebar yang musti akting dan mempelajari skrip filmnya. haha... Banyak adegan lucu dalam pembuatan video itu. Biasa, tingkah teman-teman yang malah ketawa saat di shoot, ada juga yang grogi saat di shoot, dan ada pula yang gak hafal skripnya ataupun yang bingung melafalkan bahasa inggrisnya. Tingkah kami lucu-lucu.

Selai ikut menjadi salah satu peran dalam cerita itu,  seperti biasa aku masih memegang peran yang sama seperti hari minggu dulu, sebagai pengarah cerita. Capeknya bukan main, mungkin lebih dari teman-teman yang lain. Karena mereka masih sempat makan siang, namun aku sama sekali gak sempat, hanya bisa merasakan air yang cukup bisa membasahi tenggorokanku yang cepat kering karena banyak bicara demi tugas. hehe...

Dan akhirnya ini hasilnya, gak cukup bagus sih, karena banyak yang belum bisa mendalami perannya... tapi gak cukup mengecewakan pula. Ini adalah pengalaman baru yang menyenangkan meski melelahkan,hehe...
Dibeberapa bagian ada yang kurang runtut ceritanya, maaf ya. Mungkin editor videonya agak bingung ngurutinnya. Tapi it's okelah...
Buat Bu Dosen makul B.inggris, mom Nina... Mohon kasih nilai baik ya buat usaha kami ini.. :D


0 komentar:

Posting Komentar